e-Healthcare

PROVIDER KESEHATAN

Melayani Penerima Bantuan dan Pihak Terkait Kesehatan, mengenai:
  • Informasi Prosedur Pengobatan
  • Persutujuan Pengobatan dan Tindakan Medis
  • Konsultasi Pengobatan
Pensiunan Bank Indonesia
Hp. : 0815-974-1227
Hp. : 0815-905-0576
Pegawai Bank Indonesia
Hp. : 08111-662-808

PELAYANAN MENGGUNAKAN KARTU SEHAT TKHT


Daftar Isi

  1. Ketentuan Kartu Sehat TKHT
  2. Bentuk Kartu Sehat TKHT
  3. Alur Pelayanan Kesehatan menggunakan Kartu Sehat TKHT
    1. Rawat Jalan
      1. Dokter Umum dan Dokter Gigi
      2. Dokter Spesialis
      3. Tindakan Medis Diagnostik/ Terapeutik
      4. Pelayanan Apotik
    2. Rawat Inap
    3. Gawat Darurat

A. Ketentuan Kartu Sehat TKHT

  1. Prosedur TKHT menggunakan Kartu Sehat TKHT hanya untuk Penerima TKHT yang telah ditetapkan oleh YKKBI dan mendapatkan Kartu Sehat TKHT.
  2. Secara prinsip besaran penjaminan YKKBI terhadap TKHT tetap berpedoman pada PP. TKHT tahun 2012.
  3. Pelaksanaan Sistem Teknologi Informasi dimaksud dengan cara menggesekkan Kartu Sehat TKHT pada terminal Electronic Data Capture (EDC) di PPK Langganan online sehingga data Penerima TKHT di YKKBI akan saling terhubung dengan Ad Medika dan PPK.
  4. Proses Penggesekan dan persetujuan dalam rangka pengobatan dilakukan oleh PPK langganan kepada Ad Medika.
  5. Proses AdMedika adalah rangkaian proses verifikasi dan validasi yang dilakukan melalui penggesekan Kartu Sehat TKHT ke terminal EDC sampai dengan tercetak Letter of Authorization.
  6. Kartu Sehat TKHT digunakan oleh Penerima TKHT untuk :
    1. Rawat jalan yang meliputi :
      • 1). Konsultasi dokter umum dan / atau spesialis;
      • 2). Pemeriksaan/ tindakan gigi;
      • 3). Pengambilan obat di apotek;
      • 4). Tindakan medis diagnostik/ terapeutik.
    2. Rawat inap yang bersifat :
      • 1). Terencana/ elektif;
      • 2). Segera;
      • 3). One day care (ODC)
    3. Gawat Darurat

B. Bentuk Kartu Sehat TKHT

Bentuk Kartu Sehat TKHT sebagai berikut :

Bentuk Kartu TKHT

C. Alur Pelayanan Kesehatan menggunakan Kartu Sehat TKHT

  1. Rawat Jalan
    1. Dokter Umum atau Dokter Gigi
      • 1). Menunjukkan Kartu Sehat TKHT disertai kartu identitas lain (KTP/SIM);
      • 2). Kartu Sehat TKHT digesek pada terminal EDC untuk dilakukan proses AdMedika;
      • 3). Penerima TKHT mendapat pelayanan dokter umum / gigi;
      • 4). Kartu Sehat TKHT digesek lagi pada terminal EDC dan mengeluarkan struk tagihan (letter of confirmation);
      • 5). Memeriksa kesesuaian layanan yg diperoleh dengan tagihan; dan
      • 6). Menandatangani struk tagihan dan membayar partisipasi biaya apabila ada.
    2. Dokter Spesialis
      • 1). Telah mendapatkan rujukan dari dokter umum;
      • 2). Menunjukkan Kartu Sehat TKHT disertai kartu identitas lain (KTP/SIM);
      • 3). Kartu Penerima TKHT digesek pada terminal EDC untuk dilakukan proses AdMedika;
      • 4). Penerima TKHT mendapat pelayanan dokter spesialis;
      • 5). Kartu Sehat TKHT digesek lagi pada terminal EDC dan mengeluarkan struk tagihan (letter of confirmation);
      • 6). Memeriksa kesesuaian layanan yang diperoleh dengan tagihan; dan
      • 7). Menandatangani struk tagihan dan membayar partisipasi biaya apabila ada.
    3. Tindakan medis diagnostik / terapeutik
      • 1). Telah diberikan rekomendasi oleh dokter umum/spesialis;
      • 2). Prosedur penggesekan Kartu Penerima TKHT sesuai dengan prosedur pelayanan kesehatan dokter spesialis.
    4. Pelayanan Apotek
      • 1). Menunjukkan Kartu Sehat TKHT disertai kartu identitas lain (KTP/SIM);
      • 2). Kartu Sehat TKHT digesek pada terminal EDC untuk dilakukan proses AdMedika;
      • 3). Resep obat yang diberikan sesuai dengan DSO, apabila tidak tercantum dalam DSO:
        • a). Nama zat aktifnya ada pada DSO, maka obat diganti sesuai yang tercantum di dalam DSO dan apabila tidak bersedia diganti, akan membayar selisih terhadap obat DSO.
        • b). Nama zat aktifnya tidak ada pada DSO penggantian biaya dengan cara reimbursement sebesar 50 % (lima puluh perseratus) dari harga obat di apotek langganan.
      • 4). Kartu Sehat TKHT digesek lagi pada terminal EDC dan mengeluarkan struk tagihan (letter of confirmation);
      • 5). Memeriksa kesesuaian layanan yang diperoleh dengan tagihan; dan
      • 6). Menandatangani struk tagihan dan membayar selisih biaya yang menjadi tanggungan sendiri apabila ada.
  2. Rawat Inap
    1. Telah diberi rujukan untuk rawat inap oleh dokter umum/spesialis;
    2. Menunjukkan Kartu Sehat TKHT disertai identitas lain (KTP/ SIM;
    3. Kartu digesek pada terminal EDC untuk dilakukan proses AdMedika;
    4. Rumah sakit akan mengirim indikasi penyakit awal pasien disertai rencana tindakan yang akan dilakukan kepada YKKBI melalui Ad Medika;
    5. YKKBI memberi persetujuan dan jaminan perawatan kepada Rumah Sakit melalui Ad Medika;
    6. Penerima TKHT mendapat pelayanan sesuai tarif kerja sama dan nilai rebahnya;
    7. Tindakan medis/obat/pemeriksaan penunjang yang memerlukan biaya di atas nilai tertentu perlu persetujuan YKKBI melalui Ad Medika;
    8. Apabila proses rawat inap berakhir, Rumah Sakit menyampaikan tagihan akhir dan ringkasan medis kepada AdMedika untuk dilakukan verifikasi;
    9. AdMedika menyampaikan surat persetujuan biaya Rawat Inap yang menjadi beban YKKBI;
    10. Penerima TKHT memeriksa surat persetujuan dimaksud untuk menilai kesesuaian layanan yang diperoleh dengan tagihan; dan
    11. Menandatangani surat persetujuan dimaksud dan membayar partisipasi biaya yang menjadi tanggungan sendiri bila ada.
  3. Gawat Darurat
  4. Penerima TKHT yang mengalami penyakit dengan kriteria Gawat Darurat yang ditetapkan oleh YKKBI dan melakukan pengobatan di Instalasi Gawat Darurat PPK Langganan online, dapat melakukan pengobatan dengan prosedur administrasi sebagai berikut :
    1. Menunjukkan Kartu Sehat TKHT disertai identitas lain (KTP/ SIM);
    2. Kartu Sehat TKHT digesek pada terminal EDC untuk dilakukan proses AdMedika;
    3. Apabila setelah melalui proses pemeriksaan dan penanganan medis dinyatakan :
      • 1). Dapat pulang (dilanjutkan dengan rawat jalan), akan dilakukan prosedur penggesekan kartu sesuai dengan proses rawat jalan;
      • 2). Harus rawat inap, akan dilakukan prosedur penggesekan kartu sesuai dengan proses rawat inap.

RECENT POST